Level 1: Komunikasi Produktif Day #3


Hari Sabtu ini menjadi hari ketiga pendokumentasian kegiatan komunikasi produktif. Rutinitas saya cukup lengang meski sebetulnya saya masih punya banyak pekerjaan yang harus saya selesaikan. Tapi yang membuat hari ini cukup baik karena sejak pagi semuanya berjalan dengan damai. Ibnu bangun tidur dengan perasaan senang. Dia bilang bahwa tidurnya nyenyak. Tidak ada drama pagi ini.

Mengendalikan emosi
Saya mulai curiga, jangan-jangan saya emosi karena saya sedang dalam masa menstruasi. Selama saya tinggal di Manado, saya mulai rutin memperhatikan kapan saja saya mulai bertingkah sensitif. Saya pun menyadari bahwa ketika saya tertekan, saya mudah marah. Dengan identifikasi seperti ini, saya harus lebih aware ketika datang kedua masa itu. Untuk hari ini, emosi saya cukup terkendali. Saya bisa lebih waras dalam menghadapi tingkah ajaib anak.

Keep Information Short & Simple
Sebetulnya trik ini sudah biasa saya gunakan sehari-hari. Lebih efektif dalam memberikan instruksi kepada anak. Satu-satu pekerjaan selesai dengan baik. Misalnya: “Ibnu minum air putih, yaa.” Setelah selesai lanjut dengan, “gelasnya diletakkan di westafel yaa.” Alih-alih bilang, “Ibnu, minum air putih terus gelasnya diletakkan di westafel, yaa!” biasanya Ibnu engan melakukan keduanya

Ganti Kata “Tidak Bisa” Menjadi “Bisa”
Ini masih jadi PR untuk saya. Hingga kini Ibnu masih suka merengek untuk pekerjaan yang sebenarnya bisa dia kerjakan dengan alasan tidak bisa. Akhirnya saya terus mendampingi dengan tetap meng-encourage anak agar mau mengerjakannya sendiri.

Ganti Perintah dengan Pilihan
Untuk yang satu ini agak tricky. Misalnya, saat Ibnu ingin makan Nyam-Nyam padahal dia belum makan malam, saya akhirnya keluarkan jurus ini. Ibnu boleh makan nyam-nyam setelah makan malam, jika tidak mau maka tidak ada Nyam-Nyam. Satu kunci keberhasilan trik ini adalah menepati janji. Jangan sampai dia sudah tunaikan syarat yang diberikan namun haknya malah diabaikan.



#hari3
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang


Comments

Popular Posts