Kecerdasan (Aliran Rasa)

Aliran rasa lv.03

Family project Saya Cerdas Bersama Kakek-Nenek & Abah-Nini melibatkan banyak pihak Dan banyak keluarga. Project ini Saya pilih karena Saya kembali terjun ke ranah publik yang kemudian membuat Inu harus dijaga oleh eyang dari pihak Saya juga Suami secara bersamaan (beruntung sekali mereka bertetangga). Kami berkolaborasi dalam  membersamai Inu. Berawal dari memberi tahu kebiasaan-kebiasaan yang biasa Saya terapkan di rumah, para eyang mau menyesuaikan standar mereka dengan pola yang kami miliki.

Saya meminta para eyang untuk membiasakan Inu berdoa, meski tidak mudah melafalkan kosakata berbahasa Arab. Saya juga meminta para eyang untuk menghormati emosi yang Inu miliki. Emosi marah, sedih, gembira juga lainnya harus diterima dengan positif. Inu boleh marah jika merasa kesal, boleh menangis jika merasa sedih, boleh bersembunyi jika merasa takut. Setiap emosi yang diekspresikan akan membuat dia merasa lega, menumbuhkan rasa percaya pada orang-orang terdekatnya, percaya dengan dirinya sendiri juga terbuka pada orang terdekatnya. 

Project ini memaksa Saya untuk keluar dari ketakutan saya akan pikiran-pikiran negatif. Takut bahwa eyang akan memanjakan anak saya, ketakutan bahwa kebiasan baik yang Saya mulai tanamkan sejak Inu kecil terpupuskan tanpa sisa karena tidak pernah dipraktekan bersama eyangnya. Komunikasi adalah langkah awal dari project ini Dan kebiasaan baik yang konsisten adalah kunci tercapainya Cerdas Bersama Kakek-Nenek & Abah-Nini

#AliranRasa
#Level3
#KuliahBunSayIIP
#Kecerdasan

Comments

Popular Posts