Melatih kemandirian (Aliran Rasa)

Saya tak pernah menyangka bahwa sudah fitrah bagi anak untuk menjadi mandiri seiring berjalannya waktu. Namun pola didik yang tidak tepat ternyata dapat membuat anak gagal mencapai stage kemandirian yang harus dicapainya. Memberi contoh, merutinkan kegiatan dan kegigihan orang tua tentu akan menstimulus anak untuk menguasai kemampuan yang sudah sepatutnya ia kuasai.

Pada kesempatan ini, untuk Inu yang sudah berusia 2 tahun, saya memilih menggosok gigi dan potty training di project one week one skill. Kedua skill ini saya pilih mengingat keduanya esensial. Gigi Inu sudah tumbuh hingga graham depan sehingga penting bagi dia menjaga kesehatan dan kebersihan gigi; sementara potty training saya pilih karena saya merasa Inu sudah siap memulainya.

Menuliskan prosesnya memudahkan saya mengevaluasi perkembangannya. Dengan demikian pula, saya dapat melihat progres pencapaian yang Inu lakukan disetiap harinya. Dan tentu saja persiapan dan strategi matang telah dipersiapkan demi suksesnya proses pencapaian skill ini. Ada proses jatuh dan bangun. Tidak melulu terjadi peningkatan dari hari ke hari, dan pada akhirnya saya menemukan ritme juga kondisi paling sesuai untuk membuat Inu melakukannya dengan gembira.

Comments

Popular Posts