Komunikasi Produktif (Day #9)



Belajar di kelas IIP tuh ngebantu banget buat memahami diri sendiri, pasangan juga anak. Ditambah ada tantangan juga yang memaksa kita buat praktekin ilmu yang kita sudah pelajari.
.
Kayak dapet ilmu untuk memuji anak dengan jelas,
"Alhamdulillaaaaah, anak mama membuang sampah pada tempat sampah". Biasanya ni karena terlalu takjub dan irit kata-kata, kalimatnya jadi, "Alhadulillaaaah, anak mama hebat" ternyata oh ternyata versi hemat begini gak memberikan efek yang sama dari versi komplitnya loooh.
.
Menurut Michael Grose, parenting educator, dalam memberikan pujian orang tua harus fokus dalam hasil pencapaian akhir yang telah dilakukan anak dan pujilah anak dengan cara efektif. Riset jangka pankanh yang telah dilakukam di Inggris menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara memberikan pujian secata tepat dengan penghargaan diri anak yang tinggi (high self-esteem)
.
Sekarang makin diingat-ingat lagi lah materi ini. Dan makin dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa saat memberikan apresiasi pada anak harus jelas apa pencapaian anak yang buat dia pantas dapat apresiasi.
.
.
.
.
#hari9
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Comments

Popular Posts