Komunikasi Produktif (Day #14)



Semalam saya cari-cari ilham buat praktek komunikasi produktif dengan Inu. Sàya teringat pengalaman negur anak yang pakai celana kebalik. Eh mamanya anak itu malah kedip-kedipin saya, bukan karena mamanya centil, tapi ngodein saya buat berhenti bahas celana kebalik.
.
Dari dia saya belajar bahwa harga diri anak harus dijaga. Bahwa cara menegur anak sama halnya dengan cara menegur orang dewasa. TIDAK DI PUBLIK. Yaaa, macam ngingetin temen yang rensletingnya lupa ditutup, kan ngingetinnya pake kode dan bisik-bisik, benerin rensletingnya pun diem-diem ga pake pengumuman. 
.
Naaah, Inu lagi ini mulai ngebiasain diri pake sandal. Kadang pakainya kebalik. Awal-awal sih saya ketawain, nyuruh Inu benerin sendalnya macam pake TOA (Duuuh, eik mama yang jahara). Hari ini saya ngingetinnya diem-diem aja. Ngobrol intim berdua meski posisi ada di tengah jalan. "Inu, sandalnya terbalik, mama bantu betulin yaa". Eeeh, Inu ga mau doooong. Dia bilang "Nyaman," lalu ngacir. Doeeeeng. Mamanya geplak kepala sendiri.
.
Saya pikir sekali praktek langsung tokcer. Kalau diingat-ingat mamanya anak itu juga jelasin kalau anak juga punya sense buat ngejaga harga diri. Selama ini kelakuan saya kurang beradab lah ya dalam hal ini. Alih-alih nurutin saya, dia lebih milih pakai sendal kebalik. Ternyata memilih menyakiti diri demi harga diri tuh ga perlu nalar, itu udah ada sebagai bentuk proteksi alami. Saya harus kerja keras untuk dapetin kepercayaan Inu lagi dalam hal ini.
.
.
.

#hari14
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Comments

Popular Posts