Monday, July 31, 2017

NHW Week #9: Bunda Sebagai Agen Perubahan

This is the final quest!

Saya tidak menyangka bahwa saya bisa bertahan, setelah mencoba mengejar banyak ketinggalan materi sejak week #5 karena HP rusak. Ini sungguh luar biasa. Beberapa teman memutuskan untuk menunda menyelesaikan batch #4 Dan berniat untuk bergabung Di batch #5. Tapi saya memutuskan untuk bertahan. Rintangan akan selalu ada, Dan selama saya masih bisa mengejar ketertinggalan saya, maka saya masih bisa bertahan ---- aaaand, this is it! I've made it.

I proudly announce that IIP's materials are rooooccck. Materinya Keren banget. Di setiap minggunya, materiS, my husband, dia bahkan ngikutin materi week #5 sampe week #9 Ini. Dan dia ga bisa berhenti memuji betapa jeniusnya pembuat materi ini. Hail Mr. & Mrs. Dodit. 

Di homework terakhir Ini, kami diminta menjadi Agen perubahan. 
Bagaimana bisa?

Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.

Rumus yang kita pakai :

*PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE*

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Mulailah dari yg sederhana,  lihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.

Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.

Ini jawabannya:

minat, hobi, ketertarikan: menulis fiksi, non fiksi
Hard skill, soft skill: menulis blog
Isu sosial: plagiarism
Masyarakat: semua kalangan
Ide sosial: kelas menulis

Selamat menjadi agen perubahan

Karena

Everyone is a Changemaker


Share:

0 comments:

Post a Comment

Free to speak up is still under circumstances, no violence