NHW Week #4: Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

Pascal Campion


Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Saat mengerjakan NHW Week #1, saya memilih jurusan Kebaikan. Sebuah jurusan yang teramat luas setelah 3 minggu berselang mengikuti Matrikulasi IIP. Pada akhirnya, di titik Ini saya merasa bahwa yang sangat saya butuhkan sebagai ibu adalah ilmu parenting, terutama mengenai tumbuh-kembang anak. Jurusan Ini sangat saya butuhkan sebagai bekal saya menjalani peran sebagai ibu dengan anak berusia 1.5 tahun.

Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu "memantaskan diri" setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Saya men-design checklist harian saya dengan tingkat kesulitan yg cukup rendah. Namun ternyata manusia hanya bisa berusaha sementara Allah lah yang menentukan.

Sebagai individu, yang menginginkan diri ini faham agama, sehat jasmani & rohani, serta terpenuhi pula kebutuhan akan ilmu yg bermanfaat; sebagai istri yang bisa terus menyenangkan Mata dan hati suaminya; serta sebagai ibu yang menjaga titipan Allah dengan memenuhi semua kebutuhannya; ternyata sering kali tak bisa menetapi target harian hanya karena 'ikut-tidur-siang' saat menidurkan anak, atau sibuk cari Sayur karena abang Sayur tidak berjualan ke komplek. Harapan saya semoga saya bisa menetapi checklist Ini dengan sepenuh hati apapun yang terjadi. 

Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Peran sebagai ibu & istri sangat tidak bisa dipisahkan. Saya senang mengamati tumbuh kembang anak saya. Mendapati diri kagum karena seberapapun ringkihnya ia saat dilahirkan, ternyata anak mampu bertahan hidup dan tumbuh sesuai dengan pencapaian di usianya. 
Kemampuannya dalam menyerah informasi sekitar (belajar) -pun rupanya sudah menjadi fitrah seorang anak. Tanpa saya ajari anak saya sudah mampu melafalkan takbir sejak umur 1 tahun. Dan setelah saya amati, Ternyata dia menikmati teriakan takbir anak-anak yg sedang bermain sambil menabuh bunyi-bunyian. 

Sementara itu, sebagai istri, saya menyadari betapa kehidupan rumah tangga begitu krusial. saya yang masih sangat awam mengenai masalah ini dituntut untuk senantiasa belajar dan memperbaiki diri sebagai bagian mencetak peradaban.

Dengan demikian, misi internal saya adalah untuk dapat menyertai anak saya untuk tumbuh Dan berkembang sesuai sesuai fitrahnya; Dan misi eksternalnya adalah berbagi cerita perjalanan fitrah kehidupan kepada teman-teman melalui tulisan. 
Bidang: pendidikan ibu & anak
Peran: praktisi & penulis

Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 

Saya sependapat dengan kurikulum Institut Ibu Profesional, dimana ilmu-ilmu yang sekiranya saya butuhkan adalah: 
Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial
Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang 

Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
Saya baru terpikirkan mengenai 'KM 0' saat menerima materi Matrikulasi week 4. Lalu saya berkomitmen bahwa KM 0 saya pada usia sekarang, 26 tahun. Berkomitmen 5.000 jam* terbang di satu bidang yang saya senangi. Dengan milestone sebagai berikut:
KM 0 – KM 2 ( tahun 1 - 2): Menguasai Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak 
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ): Menguasai Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
KM 3 – KM 4 (tahun 4): Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial
KM 4 – KM 5 (tahun 5): Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang 

Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Setelah mendapatkan penjelasan dan lainnya, tentu checklist saya butuh penambahan point agar ilmu-ilmu yang saya butuhkan bisa masuk ke jadwal kuliah di 'universitas kehidupan' saya.

Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Sekarang buatlah sejarah anda sendiri. 

Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.


Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulasi IIP/

Comments

Popular Posts