NHW Week #5: Learning How to Learn

📝 *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*📝 (Learning  How to Learn)

Setelah malam ini kita mempelajari tentang "Learning How to Learn"  maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil  sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

Salam Ibu Profesional,


/Tim Matrikulasi IIP/

------


Menarik sekali Nice HomeWork Kali Ini. Saya memutar otak bagaimana mengerjakan tugas Ini Dan menuangkannya kedalam tulisan.

Saya mencari-cari apa itu desain pembelajaran dan seperti apa contohnya (agar saya mendapatkan gambaran lebih untuk bisa menerapkannya Dalam praktik).

Sejauh yang saya dapatkan Dari mesin pencari, desain pembelajaran adalah praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik (Begitu kata Wikipedia). Karena penyusun desain pembelajaran dan pelaksananya adalah saya sendiri maka melakukan desain pembelajaran Ini menjadi mudah-mudah-sulit. Bagian mudahnya adalah dari NHW sebelumnya. Disini saya akan lebih banyak mencomot isi NHW yang lalu.

Begini kira-kira penjelasan saya selanjutnya.

Mari saya mulai dengan bagian pertama: Awal, yang akan saya pelajaran adalah pengenai ilmu parenting (ada di NHW Week #3). Caranya sesuai dengan Adab Menuntut Ilmu (NHW Week #1). Tidak semua info yang berkaitan dengan parenting saya telan bulat-bulat. Ada proses seleksi. Sikap skeptis harus diterapkan. Ada pedoman Quran-Hadist Yang tidak boleh dilanggar.

Bagian kedua adalah: Tengah, Di bagian Ini adalah bagian praktik. Ilmu yang telah didapatkan mulai diterapkan Dalam kehidupan sehari-hari (NHW Week#2). Butuh kemauan keras juga konsistensi untuk melaksanakan Ini. Cara pengajaran orangtua saat kanak-kanak dulu; lingkungan tempat kini tinggal; ataupun permasalahan diri bisa jadi salah satu penyebab sulitnya mempraktikan ilmu parenting. Sehingga yang harus terlibat Dalam program ini adalah semua orang yang berkaitan dalam proses parenting Ini tidak hanya ibu, melainkan Tim tumbuh-kembang anak (ada ibu, ayah, nanny, kakek, nenek, tetangga, dll). Jangan ragu untuk meminta mereka memahami cara kita membesarkan anak. 

Bagian ketiga adalah: Akhir, observasi Dan assessment diperlukan untuk menindak-lanjuti pencapaian Dari ilmu yang sedang diterapkan. Apakah praktik harus ditambahkan kuantitasnya, ataukah harus diganti metode nya; semua itu berdasarkan observasi dan penilaian (NHW Week #2).

Comments

Popular Posts