NHW Week #1: Adab Menuntut Ilmu

https://1.bp.blogspot.com/-dI_uLRBsZ2g/WOM1iGCPkyI/AAAAAAAApAQ/qSSdwIuoAGo12GSc0hnOH5zrccEJaQS_ACLcB/s1600/4122B.jpg
Pascal Campion

Dalam materi "Adab Menuntut Ilmu", Nice HomeWork nya adalah sebagai berikut:

Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
Saya memilih jurusan kebaikan.


Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
Saya merasa bahwa 'surga' yang selama ini saya incar sungguh sulit jika saya hanya mengusahakannya sendirian. Bisa saja, selama saya bergaul dengan teman-teman, bersosialisasi dengan tetangga, bekerja dengan para kolega, atau bahkan berinteraksi dengan keluarga saya melakukan 'kesalahan' yang menyakiti hati tanpa saya sadari; atau bahkan bisa saja saya dengan sadar melakukan hal yang menyakiti yang kemudian semuanya itu menghambat dan menggagalkan usaha Saya untuk masuk surga selamat dari neraka.


Saya sendiri tidak luput dari khilaf Dan alpa atas kewajiban saya sebagai seorang hamba. Lalai atas tugas, malas beribadah. Sementara iman selalu saja mengalami fase naik juga turun; kesombongan malah bisa membakar habis amalan saya. Tentu saja saya tak bisa jumawa atas pengamalan ibadah yang saya tunaikan selama ini.

Saya, yang kini menjadi seorang istri, ibu, membantu disamping menjadi anak, kakak, menantu, saudara dan lainnya memiliki kesempatan untuk melakukan kebaikan sesuai dengan peran saya tersebut. Saya percaya bahwa kebaikan akan mendatangkan kebaikan lainnya. Berharap bahwa dengan menjadi istri sholihah yang melayani Dan mendampingi Suami, membuat ia ridho atas hidup saya; berharap dengan sukses membimbing anak menjadi anak sholih-sholihah, membuat ia selalu memintakan ampunan untuk orangtuanya; berharap dengan melakukan kebaikan kepada semua yg hidupnya beriirisan dengan kehidupan saya, timbangan kebaikan saya bertambah sehingga bisa mengantarkan saya pada 'surga' yang selama ini saya harapkan.


Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
  • Melakukan hal-hal baik dengan cara yang baik. Tentu bersedekah adalah hal baik, namun menggunakan uang curian untuk bersedekah bukanlah cara yang baik. Oleh karena itu saya berusaha untuk dapat melakukan semuanya sesuai dengan aturan. 
  • Menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Mengikuti majelis, membaca buku. Menambah ilmu bukan untuk dikoleksi sertifikatnya, atau dipamerkan didepan orang-orang, melainkan untuk menambah cara agar dapat terus melakukan kebaikan. 
  • Mengamalkan ilmu yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari.
 
Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?
Menyiapkan diri untuk tidak merasa diri paling tahu tidak merasa diri paling benar. Sejatinya, tidak ada yang absolut di dunia sosial, sehingga perlu hati yang ikhlas dalam menerima ilmu dan informasi yang ada.

Comments

Popular Posts