Annoying family’s questions



Buat anak-anak kosan macam aku yang harus tinggal outside the home town, yang namanya pulang kampung itu adalah sebuah agenda yang ditunggu-tunggu. But wait, personally, selalu ada perasaan ‘ngemalesin’ kalo harus ketemu sama keluarga besar yang terdiri dari banyak tante, om, sepupu yang hobinya tanya-tanya pertanyaan yang sama tiap kali ketemu. Kali ini mereka sibuk tanya: udah lulus belum?

Untungnya kali ini dengan bangga aku ngejawab pertanyaan itu dengan lantang dan bangga: aku udah lulus. But wait, pertanyaan selanjutnya adalah: udah dapet kerja? Anaknya si tante ‘anu’ udah kerja loh begitu lulus kuliah. Bagi aku yang sekarang belum dapet kerja, jelas banget pertanyaan itu ‘sangat’ menyebalkan.

Sebenernya ga cuma terjadi sama anak kos, bagi semua anak Indonesia yang mayoritas punya keluarga besar selalu ada pertanyaan menyebalkan begitu ketika ketemu sama sanak saudara. Kalo anak sekolah biasanya yang ditanyain: dapet ranking atau enggak, kalau anak kuliah, ditanya dapet IPK berapa, kalo udah lulus kuliah, ditanya kapan wisuda, udah dapet kerja belum, kalo udah dapet kerja, ditanya kapan nikah, kalo udah nikah, ditanya udah punya anak atau belum --- dan seterusnya.

Annoying banget kan?

Satu hal yang pasti, percaya atau enggak, pertanyaan menyebalkan itu ga lebih dari sekedar basa-basi. Ga ada niatan buruk dengan menanyakan topik-topik itu. Cuma aja, menanggapi pertanyaan-pertanyaan itu ibarat dua sisi koin. Kalo bilang rankingnya ga bagus, IPK ga bagus, belum dapet kerja, dll rasanya minder banget, apalagi ngeliat sepupu-sepupu lebih sukses dan ngejalani hidup dengan gemilang. Di sisi lain kalo cerita tentang kelebihan, dapetin ranking yang bagus, menang lomba ini-itu, dll, takutnya dikira sombong dan besar kepala. Kayak buah simalakama banget deh ngadepin pertanyaan mereka.

Tapi personally, mungkin sekarang aku lagi jadi anak ‘wise’. Somehow, aku sadar itu semua pertanyaan klise yang dilontarkan cuma untuk memulai sebuah percakapan. Awalnya pertama kali aku dapet pertanyaan begitu, aku langsung down, memilih menjadi pendengar yang baik dibandingkan jadi tersangka dadakan yang jadi sasaran introgasi sama sodara-sodara. Sekarang ada cara paling jitu ketika dapet annoying faimily’s questions, tanpa harus berbohong Cuma biar keliatan ‘bagus’ ataupun ‘diam’ lalu pergi ke pojok ruangan dan cuma menjadi pemirsa yang budiman. 

1.      Minta tolong
Salah satu cara jitu adalah dengan minta tolong. In my case, aku yang fresh graduate masih jobless dan sedang mencari-cari pekerjaan yang cocok buat aku, biasanya ditanya, udah dapet kerja belum? Jawab aja yang jujur. Kalo belum dapet, bilang “aku belum dapet kerja nih, tan. Tante punya rekomendasi tempat kerja yang bagus ga?”
Karena pertanyaan yang mereka lontarkan itu biasanya cuma sekedar basa-basi, kalo seandainya dia ga punya rekomendasi tempat kerja yang oke, dia akan kasih tau bahwa orang lain  lebih tau dan bisa kita andelin buat tanya-tanya tempat kerja yang bisa kita lamar. Kalo seandainya dia tau tempat kerja yang lagi buka lowongan, dia akan dengan semangat kasih tau informasi itu.

2.      Balik bertanya
Cara kedua adalah dengan balik bertanya. Putar topik yang awalnya dipusatkan ke kita, jadi dipusatkan ke si penanya. Saat si tante tanya apa aku udah punya calon-suami atau belum, kalo emang belum punya, bilang aja belum. Trus tanya ke dia, gimana cerita dia waktu ketemu sama suaminya dulu dan kemudian memutuskan untuk menikah. Dia akan semangat cerita kenangan dia waktu lovey-dovey nya sama si om waktu muda dulu. Bisa jadi ada tips-tips jitu yang bisa dipetik dari pengalaman dia buat dapetin pasangan hidup.

Itu baru dua cara loh. Pasti ada banyak cara untuk menghadapi pertanyaan menyebalkan dari sodara-sodara yang memulai pembicaraan dengan pertanyaan-pertanyaan yang ternyata sensitif dan juga ‘sedikit’ nyelekit. Kunci utama adalah selalu jujur – karena keluarga adalah satu-satunya orang yang nerima kamu apa adanya – tempat yang paling bisa diandelin disaat ga ada seorangpun yang bisa bantu kamu. Selanjutnya, harus selalu positive thinking, karena dari situlah ‘pinter-pinternya’ kamu dalam berkelit dari pertanyaan cliche macam ini akan muncul dan menyelamatkan kamu dari bombardir pertanyaan mereka.

Comments

  1. itulah hidup...selalu muncul pertanyaan pertanyaan dari sekitar,,dan pertanyaan itu ga akan pernah habis

    ReplyDelete
  2. iya ... betul banget. makanya aku nulis ini teh

    ReplyDelete

Post a Comment

Free to speak up is still under circumstances, no violence

Popular Posts