Zipped Pouch

Pertama, mari kita berterima kasih kepada Ross pemilik Sew Delicious atas creative blog nya yang sangat menginspirasi. Postingan kali ini merupakan hasil sadur dari salah satu postingannya dan telah saya praktekan. Hanya saja, saat itu saya lupa untuk membuat dokumentasinya.




HERE WE GO,
Tutorial ini diperuntukan bagi siapa saja yang mau mencoba membuat 'small pouch'. Caranya mudah dan teknik yang digunakan adalah teknik-teknik dasar dalam menjahit.


Langkah 1:


Pertama, kita akan menyiapkan 2 potong kain yang kira-kira dapat digunakan sebagai bahan pouch bag, 1 buah rensleting dengan ukuran yang disesuaikan.
Yang ditampilkan pada gambar adalah 2 potong kain berukuran 18cm x 14cm dan resleting dengan warna senada berukuran 15cm.

Langkah 2:


Kita akan mulai menjahit kedua items ini. Langkah yang satu ini 'agak' sedikit tricky karena kita akan menjahit kedua potong kain dengan rensleting. Untuk memudahkan pengerjaannya, posisikan kedua potong kain berhadapan sehingga yang nampak di luar adalah bagian dalam kain.
Letakkan rensleting secara terbalik di-bagian-atas-kain. Kita sudah siap untuk menjahit.

Langkah 3:
Sedikit catatan untuk seorang pemula yang baru menggunakan mesin jahit. Ada beberapa jenis "kaki" untuk jarum jahit. Untuk itu pastikan bahwa kamu menggunakan kaki untuk menjahit rensleting.
jahitkan rensletingnya sisi demi sisi. jika 1 sisi telah selesai dijahit, ulangi lagi untuk menjahit sisi yang lainnya.

Langkah 4:

Bisa dilihat pada gambar diatas maksud dari penjelasan saya mengenai posisi kain dan rensleting.
Pada saat menjahit sisi yang lainnya, hati-hati, bila perlu, buka rensleting agar memudahkan dalam menjahitnya.

Langkah 5:
Hasil jahitannya nanti akan seperti gambar diatas.

Langkah 6:


dan jika di balik, maka hasilnya akan nampak seperti gambar di atas

Langkah 7:

Hasilnya menjadi tampak lebih baik bukan??
Tapi pastikan apa rensletingnya macet atau tidak setelah dijahit dengan kain. jika macet, bongkar saja lalu kembali membuatnya dari awal.

Langkah 8:


Langkah selanjutnya sangatlah mudah. Posisikan kembali kain secara berhadapan sehingga yang nampak adalah bagian dalamnya. lalu jahit seluruh sisinya.


Langkah 9:

gunting bagian pojok kain seperti gambar di atas, agar pouch dapat membentuk sempurna dengan rapi.
hati-hati merobek bagian jahitannya.

Langkah 10:
Violaaaaaaa, tinggal balikkan bagian luar ke dalam melalui rensleting dan hasilnya akan nampak cantik sekali



ENJOY SEWING THEN

Note:
>>> Jika tidak punya Mesin jahit, tidak perlu khawatir, gunakan "kancing prepet" (aku sih nyebutinnya itu) sebagai pengganti rensleting.
>>> Kancing prepet adalah perekat pada kain. biasanya digunakan pada tas-tas tote-bag. Semua yang mesti dijahit tinggal dijahit menggunakan tangan.
>>> Jika menggunaka kancing prepet, pastikan ukuran kain ditambahkan lagi karena kancing prepet akan memakan banyak tenpat.



Comments

Popular Posts